Popular Posts

Untuk Permohonan Asuransi

Silahkan hubungi kami di 0812 8 1111 868

Contact Via Email

Sunday 22 August 2010

Jangan Mau Terkalahkan Oleh Inflasi


Semua pasti sudah sadar, kalo hampir seluruh harga barang primer selalu naik setiap tahunnya. Dan pasti sudah tau jg donk apa penyebabnya. Ya, penyebabnya adalah karena adanya inflasi.

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan berkelanjutan / continue yang disebabkan oleh trend atau mekanisme pasar yang dipicu oleh berbagai faktor, antara lain ; konsumsi masyarakat yang meningkat, tidak seimbangnya antara supply and demand, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau spekulasi.

Indikator yang sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi adalah Indeks Harga Konsumen (IHK), antara lain :
  • Bahan Makanan
  • Bahan Makanan Jadi, Minuman, dan Tembakau
  • Perumahan
  • Sandang
  • Kesehatan
  • Pendidikan
  • Transportasi dan Komunikasi.
Inflasi akan menyebabkan menurunnya nilai mata uang secara bertahap. Misalnya dulu tahun 2000 kita punya uang Rp11,500 sudah bisa beli bensin premium 10lt. Sekarang dgn jumlah uang yang sama, kita cuma beli beli sekitar 2lt saja. Hanya dalam jangkat waktu 10thn, nilai uang kita sdh menuruh drastis. Bagaimana dengan 10thn kedepan? Apa yg harus kita lakukan agar siap menghadapi masa depan yang tak menentu?

Solusinya adalah Kita Harus Mempersiapkan Masa Depan Kita Sejak Dini.

Bagaimana mempersiapkan keuangan masa depan agar tidak kalah dengan inflasi?

Dengan rata - rata inflasi di Indonesia sejak tahun 2001  yang berkisar 8.98%, dan bunga deposito bank hanya memberi kita nett sekitar 4% per tahun. Sudah jelas tentu inilah yang membuat kita terpuruk dengan melonjaknya harga2 dipasaran. Kalo baru 1 atau 2 tahun biasanya blom terlalu berasa gap nya. Tapi setelah 3tahun keatas baru terasa sekali gap yang semakin membesar antara return deposito dgn inflasi.

Dengan kita memilih investasi dgn return yang sedang saja (Campuran) tingkat rata2 kinerjanya sudah melebihi dari inflasi yang ada. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir dengan inflasi, karena kita tahu bahwa investasi kita nantinya akan bisa mencukupi kebutuhan yang kita inginkan dimasa depan apalagi kalo kita berani ambil yang saham murni. Hasil investasinya dimasa depan bisa lebih tinggi lagi pastinya.

Mulailah cari tau produk investasi yang cocok dengan anda (Reksadana, Emas, Asuransi Unit Link, dsb). Dan mulailah berinvestasi sekarang!

0 comments: